Peserta Didik Kompetensi Keahlian UPW Bersertifikasi “SABRE”

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah satuan pendidikan yang memiliki dua sistem pelaksanaan pendidikan, yaitu pendidikan di dalam sekolah dan di luar sekolah. Hal ini lah yang mendasari kegiatan Praktek Kerja Industri (prakerin) di setiap SMK. Selaras dengan sistem pelaksanaan tersebut, peserta didikSMK Negeri 2 Pangandaran pun melaksanakan prakerin setiap tahunnya. Hal ini bertujuan untuk membekali peserta didiknya tentang pengalaman belajar sekaligus bekerja di dunia usaha atau dunia industri secara langsung, agar setelah lulus dari sekolah para lulusan sudah memiliki bekal dasar untuk mengarungi tingkatan kehidupan berikutnya.

Namun demikian, pengalaman saja dinilai belum cukup untuk membekali peserta didiknya. Setiap jurusan selalu berpikir dan melakukan yang terbaik agar peserta didiknya dapat mendapatkan sesuatu yang lebih dibandingkan dengan peserta didik di sekolah lainnya. Salah satu usaha yang dilakukannya yaitu melaksanakan Ujian Sertifikasi, seperti yang baru-baru ini dilakukan oleh kompetensi keahlian UPW yang bekerja sama dengan Sabre Travel Network.

Apa itu Sabre Travel Network?
Sabre Travel Network Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT Solution, dan merupakan penyedia Global Distribution System terbesar di Asia Pasific, memberikan informasi perjalanan yang luas dan lengkap diantaranya Sistim Reservasi untuk Airlines, Hotel, Car Company, Cruise, Travel Insurance, Rail dan Leisure. Berdiri tahun 1988 berkantor pusat di Singapore, terbesar di Asia Pacific dan Sabre .Inc sebagai GDS terbesar di dunia.
Pencapaian Sabre bersama pelanggan telah memberikan hasil nyata, dengan meningkatnya kepercayaan pelanggan di Indonesia dalam menggunakan solusi Sabre. Sehingga Sabre dapat mempertahankan posisi di angka 70% pangsa pasar Global Distribution System di Indonesia. Dan sistem Sabre telah digunakan oleh lebih dari 80% Travel Agent yang mengoperasikan sistem reservasi di Indonesia.
Hingga saat ini kami sudah terhubung dengan lebih dari 35.000 lokasi travel agent di 24 markets (Negara), 450 partisipasi airlines, 99.000 hotel property dan 50 car rental company.

Apa Tujuan KK UPW Melaksanakan Ujian Sertifikasi ini?
SMKN 2 PANGADARAN khususnya Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata (UPW) secara berlaka melaksanakan sertifikasi sabre guna mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi dunia kerja. Peserta didik tidak hanya di bekali dengan ilmu tetapi juga ketrampilan sesuai dengan kompetensi keahlian yang diambil. Sertifikasi ini berfokus pada bidang pemesanan tiket penerbangan International. Tahun ini sertifikasi dilaksanakan 2 tahap bulan April dan Desember dengan hasil yang sangat memuaskan. Hampir 95 % peserta didik dinyatakan lulus. Bagi peserta didik yang lulus akan mendapatkan sertifikat resmi dari Sabre yang diakui bukan hanya di Indonesia, tetapi diseluruh negara di dunia yang sudah menggunakan system Sabre. Hal ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi peserta didik dan membuka peluang untuk dapat bekerja di Luar negeri. Saat ini sertifikasi Sabre menjadi agenda rutin dari Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata.

Peserta Ujian Sertifikasi Sabre, peserta didik kelas XII UPW

Nah, pada intinya peserta didik di kompetensi keahlian UPW akan dibekali sertifikat kompetensi pada bidang pemesanan tiket penerbangan internasional dari Sabre Travel Network. Sertifikat ini nantinya akan menjadi bekal bagi peserta didik yang akan melamar pekerjaan khususnya di bidang pemesanan tiket pesawat. Harus diketahui oleh kita semua bahwa ujian ini bersifat sungguh-sungguh dan diawasi langsung oleh pihak Sabre, sehingga hasil yang dicapai pun bukan hasil yang main-main. Karena, pihak Sabre pun tidak akan menyatakan pesertanya lulus jika dinilai tidak layak lulus.

Jadi, jangan ragu untuk sekolah di SMK Negeri 2 Pangandaran yah.
Sekolah Pariwisata, ESEMKA DUA aja!!!

Source: wawancara dengan Kakom UPW, Widhiyani, A.Md.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *