LIPUTAN KOSN SMK KABUPATEN PANGANDARAN 2020

KOSN SMK Kab. Pangandaran 2020

Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) SMK Kabupaten Pangandaran tahun 2020 telah selesai dilaksanakan. KOSN tahun ini diselenggarakan di wilayah kecamatan Pangandaran, dengan SMK Negeri 1 Pangandaran bertindak sebagai tuan rumah. Kegiatan tahunan ini selalu menyajikan perlombaan dari beberapa cabang olahraga, baik cabang perorangan ataupun tim. Hampir setiap SMK yang ada di wilayah kabupaten Pangandaran mengiukuti setiap mata lomba, termasuk sekolah kebanggaan kita semua, SMK Negeri 2 Pangandaran.

Pada kesempatan tahun ini SMK Negeri 2 Pangandaran, mendelegasikan atlet-atlet berbakatnya untuk bertanding dan berjuang dalam beberapa cabang olahraga. Untuk cabor (cabang olahraga) perorangan, kita mendelegasikan atlet silat, atletik, dan bulutangkis, sedangkan untuk cabor tim, kita mendelegasikan tim futsal, voli putra dan putri, dan basket putri. Adapun review pencapaian SMK Negeri 2 Pangandaran dalam KOSN tahun 2020 adalah sebagai berikut.

Silat
KOSN 2020 merupakan kali pertamanya SMK N 2 Pangandaran mendelegasikan atlet pada cabor silat. Bukan tanpa alasan, tahun ini lembaga pendidikan yang bertempat di dekat tempat wisata Jojogan memiliki potensi yang ada pada sosok Meysa Asmalasari. Meysa adalah salah satu potensi yang dimiliki SMK Negeri 2 Pangandaran, khususnya pada cabor silat. Bahkan, pelatihnya di padepokan lah yang merekomendasikan dia agar didelegasikan sebagai kontingan KOSN tahun 2020 ini. Tampil apik dengan pakaian silatnya menambah pesona yang dimiliki oleh dara yang tinggal di Sukaresik tersebut. Seakan membalas kepercayaan yang diberikan oleh pihak sekolah, Meysa pun menjadi kebanggan baru bagi lembaga tempat dia belajar dengan menyabet peringkat ketiga pada cabor silat. Ya, hasil ini merupakan hasil yang membanggakan bagi SMK Negeri 2 Pangandaran, karena di tahun pertama keikutsertaan di cabor silat ini, Meysa membawa sekolahnya ke peringkat 3 besar se-kabupaten Pangandaran. HATUR NUHUN NENG MEYSA!!!

Bulutangkis
Masih dalam cabor perorangan, kali ini atlet potensial datang dari cabor bulutangkis. Dede Ayi (X TBSM) menjadi atlet yang didelegasikan pada KOSN 2020 ini. Setelah berhasil menang dengan W.O karena lawan di babak pertamanya tidak hadir, Dede Ayi harus mengakui bahwa masih ada atlet yang mampu mengunggulinya. Bertarung dalam 2 set langsung, Super Dede nampaknya harus dipaksa puas terhenti di babak kedua. Namun ini bukan akhir, justru ini adalah titik awal yang harus terus diikuti oleh langkah berikutnya agar di kesempatan yang akan datang SMK Negeri 2 Pangandaran lebih serius lagi dalam pembinaan atlet pada cabor bulutankis ini. KEEP STRONG SUPER DEDE!!!

Dede Ayi memakai jersey hijau-hijau

Atletik
Cabor perorangan terakhir adalah atletik yang diwakilkan oleh sosok siswa tinggi semampai dengan badan ateltisnya, Amir Rohimat (XI Tata Boga). Persaingan sengit terjadi pada cabor ini. Setiap atlet yang tampil sangat antusias untuk meraih hasil terbaik pada cabor ini. Persiapan yang matang adalah kunci kemenangan pada cabor ini. Sangat disayangkan, ternyata sekolah lain telah mempersiapkan cabor atletik ini lebih matang dibandingkan sekolah kita. Ini menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi kita untuk KOSN tahun berikutnya. AMIR, KAMU KEREN!!!

Bola Basket Putri
Baik, selanjutnya kita bahas cabor lainnya, kali ini adalah bola basket putri. Tim yang terdiri atas dara-dara ini mewakili SMK Negeri 2 Pangandaran untuk bertanding pad KOSN tahun 2020 ini. Berisikan 10 pemain, yaitu Rindu (PG), Asih (PG), Dinda (SG), Tita (SG), Ita (PF), Tita (PF), Hanifah (SF), Resha (SF), Nanda (PF/C), dan Nuraida (C), tim basket putri pada tahun ini tidak dapat berbicara lebih. Tim kita harus terhenti pada babak pertama setelah dihadang oleh tim basket putri SMK N 1 Pangandaran. Pengalaman dan persiapan tidak akan membohongi hasil, tim lawan nampak lebih siap dan berpengalaman dalam menghadapi kompetisi, hal ini mempengaruhi permainan dari tim SMK N 2 Pangandaran. Ke-empat quarter telah dilalui, namun hasil akhir tidak berubah, tahun ini tim kita harus terhenti di babak pertama. Untuk selanjutnya, tim kita harus memulai persiapan dari awal agar dapat menambah pengalaman bertanding bagi anggotanya. VOSDA JAYA!!!

Tim Bola Basket Putri SMK Negeri 2 Pangandaran

Bola Futsal
Bertanding di Netral Futsal Stadium, tim bola futsal Semekada (sebutan SMKN 2 Pangandaran) bertanding dengan sekolah-sekolah lainnya. Tim besutan Tian Septianto Suprapto, S.Pd., ini berhasil memperbaiki catatan tim futsal yang pada tahun-tahun sebelumnya dinilai sulit mendapatkan kemenangan saat mengikuti kejuaraan. Bukan tanpa alasan, pada KOSN tahun ini tim futsal berhasil melaju ke babak kedua, setelah sebelumnya berhasil mengatasi tim futsal SMK Dharma Agung dengan sekor telak, 4-1 untuk kemenangan SMK Negeri 2 Pangandaran. Kemenangan ini menjadi motivasi bagi para pemain untuk meraih kemenangan berikutnya. Namun ternyata yang terjadi malah antiklimaks, di mana tim SMK Negeri 2 Pangandaran harus menerima kekalahan lewat adu penalty. “Sebenarnya kami sudah menguasai pertandingan, namun kesalahan pemain di menit-menit akhir pertandingan, membuat kami kehilangan pemain akibat kartu merah, dan mengakibatkan pertandingan dilanjutkan dengan adu penalty”, ujar Tian Septianto, S.Pd., sebagai pelatih seusai pertandingan. “Ketenangan pemain harus lebih ditingkatkan, sehingga tidak perlu panik saat menghadapi tekanan bertubi-tubi dari musuh”, pungkasnya dalam akhir wawancara. Adapun pemain-pemain futsal sebagai berikut: Hendi (X TBSM), Amarudin (X TBSM), Emin (X TBSM), Vifin (X TBSM), Indra (X Perhotelan), Asep (X Perhotelan), Azis (XI Tata Boga), Iqbal G (XI UPW), Juma (XI Perhotelan).

Semoga di kesempatan berikutnya, tim futsal dapat lebih membentuk pemain lebiah baik lagi, baik secara fisik, mental, dan skills. GOOD JOB, TEAM!!!

Tim Bola Futsal SMK Negeri 2 Pangandaran, dengan jersey jingga-jingga

Bola Voli Putra dan Putri
Terakhir, ini adalah delagasi cabor terbanyak yang dikirimkan oleh SMK Negeri 2 Pangandaran, yaitu bola voli. Sama seperti tahun sebelumnya, tahun ini pun untuk cabor bola voli, SMK Negeri 2 Pangandaran mengirimkan dua tim, yaitu tim putra dan tim putri.
Adapun tim bola voli putra beranggotakan :
1. Rendi (X UPW)
2. Devik (X UPW)
3. Andra (X TBSM)
4. Abdul Latip (X TBSM)
5. Sapurrohman (XI UPW)
6. Firna (XI Perhotelan)
7. Pirman (XI Perhotelan)
8. Juhdi (XI Perhotelan)
9. Gian (XI Perhotelan)
10. Sandika (XI Tata Boga)

Dan tim bola voli putri beranggotakan:
1. Riska (X Perhotelan)
2. Uci (X Perhotelan)
3. Weni (X Perhotelan)
4. Tia (X UPW)
5. Wika (X UPW)
6. Rahmawati (X Tata Boga)
7. Amelia (XI Perhotelan)

Pada KOSN tahun ini, kedua tim ini mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu. Untuk tim putri tahun ini berhasil mencapai babak perempat final. Sedangkan untuk tim putra mendapatkan hasil yang lebih baik, yaitu mencapai semi final. Uniknya, baik tim putra maupun putri sama-sama kandas di tangan tim bola voli dari SMK MU Cimerak, yang pada akhirnya kedua tim bola voli tersebut menjadi juara pada KOSN tahun 2020 dan menjadi perwakilan Kab. Pangandaran untuk bertanding di tinkat wilayah. Terlepas dari hasil kejuaraan, apabila kita membandingkan hasil tahun ini dan sebelumnya, tim bola voli SMK N 2 Pangandaran mendapatkan hasil lebih baik. Hal ini tidak terlepas dari bibit-bibit unggul yang berhasil direkrut dan dibina kembali oelh sang pelatih sekaligus koordinator delagasi, Yogi Iswanto, S.Pd.. Beliau menyatakan bahwa pencapaian tim bola voli tahun ini patut dibanggakan karena berhasil meningkatkan prestasinya. Namun demikian, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diperbaiki dan dibenahi terutama soal mental pemain. “Pembentukan mental tidak cukup dilakukan dalam waktu 1 bulan, namun harus berkelanjutan. Mental pemain sangat mempengaruhi bagaimana kualitas dalam pertandingan” ujarnya saat diwawancara di sela-sela kesibukannya sebagai bagian dari panitia KOSN. Pada akhirnya, beliau tetap mengapresiasi dan tetap bangga pada anak didiknya. VOLLEY BALL TEAM, WE ARE PROUD OF YOU!!!

Tim Bola Voli Putra berfoto bersama dengan Kepala SMK Negeri 2 Pangandaran
Tim Bola Voli Putri sesaat sebelum pertandingan pertamanya

Itulah ulasan atas pencapaian SMK Negeri 2 Pangandaran pada kegiatan KOSN SMK Kabupaten Pangandaran tahun 2020. Secara umum pencapaian tahun ini lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa perlahan tapi pasti, kami tetap berjalan menuju kejayaan. Pencapaian hari ini patut dibanggakan dan kita jadikan sebagai tolok ukur pencapaian di kegiatan yang berikutnya.
MENITI JALAN KEJAYAAN, SMK NEGERI 2 PANGANDARAN JAYA!!!